Banjir Landa Belitung dan Belitung Timur

Kabupaten Belitung dan Kabupaten Belitung Timur, Bangka Belitung, terendam banjir akibat hujan deras beberapa hari yang lalu. Dampaknya, akses jalan di dua kabupaten tersebut putus. Banjir yang terjadi sejak Sabtu (15/7) pukul 05.00 WIB yang kemudian terus meningkat dan meluas. Ribuan rumah terendam banjir.

Ada Tujuh Kecamatan di Belitung Timur yang terdampak banjir tersebut, yakni Kecamatan Simpang Renggiang, Kelapa Kampit, Dendang, Damar, Gantung dan Manggar. Sedangkan di Kabupaten Belitung ada empat kecamatan yakni, Kecamatan Tanjungpandan, Membalong, Sijuk dan Kecamatan Badau.

Pada Minggu pagi, jalan raya dari Gantung menuju Manggar putus. Bantuan logistik mengalami kendala akibat jalan putus dan terendam banjir. Sebanyak 40 rumah di Desa Kembiri Kecamatan Membalong terendam banjir hingga 2 meter akibat luapan Sungai Kembiri.

Banjir ini disebabkan pula kemampuan drainase dan sungai beserta anak-anak sungainya yang tidak mampu menampung hujan dengan intensitas tinggi ditambah meningkatnya degradasi lingkungan di Belitung dan Belitung Timur.

Baznas Kabupaten Belitung pasca banjir tersebut memberikan bantuan berupa sembako kepada masyarakat yang menjadi korban bencana banjir tersebut dan operasional untuk dapur umum yang tersedia di beberapa lokasi bencana banjir.

×

Assalamualaikum,

Tinggalkan pesan anda.

× Assalamualaikum