Baznas Babel Kerja Keras Buat Kesadaran Bayar Zakat

TRIBUNNEWS.COM, PANGKALPINANG — Badan Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berupaya melakukan sosialisasi membuat kesadaran untuk membayar zakat dan infaq.

Sosialisasi gencar dilakukan Wakil Ketua 1 Bidang Pengumpulan Zakat Infaq dan sadakah Baznas H Ali Amran di dinas dan instansi jajaran Pemprov Babel dan BUMN serta perguruan tinggi di Babel.

Sejak dirinya dilantik sebagai Komisionir Baznas Babel yang baru dilantik,, sudah ada 72 instansi yang disambangi dalam rangka untuk sosilaisasi.diantaranya 28 instansi yang sudah membayar zakatnya melalui Baznas Babel.

Adapun target pengumpulan zakat infaq dan sadakah se Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Rp 20,75 miliar. Sedangkan untuk Baznas Babel target tahun 2016 sekitar Rp 2.905 miliar.

Wakil Ketua Bidang Pengumpulan Zakat Infaq dan sadakah Baznas H Ali Amran menjelaskan, yang berhasil dihimpun sejak Januari hingga juni 2016, untuk zakat sebesar Rp 780 juta dan infaq sebesar Rp 60 juta.

Sedangkan dana yang disalurkan januari hingga juni 2016 sebesar Rp 847 juta.

Menurut H Ali, untuk tahun 2016, penghimpunan zakat infaq dan sadakah di babel belum bisa akan mencapai target 100 persen. Karena kesadaran untuk berzakat dan berinfaq masih rendah.

Dikemukakan H Ali, diantaranya sudah menggarap di instansi polda, kejati, kodim, Sekretariat Pemprov Babel, TAIN SAS, universitas terbuka, Dinas Budpar Babel.

Sumber : Bangkapos