BAZNAS Babel Kunjungi Desa Kotawaringin dan Kayubesi

PANGKALPINANG –  Badan Amil Zakat Nasional Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melaksanakan kegiatan pendistribusian bantuan untuk para korban banjir khususnya di Kotawaringin Kabupaten Bangka pada Rabu 24 Februari 2016 kemarin.

Dalam pelaksanaan kegiatan penyaluran bantuan kepada korban pasca banjir di Desa Kotawaringin, dihadiri langsung oleh Wakil Ketua II Baznas Babel yang membidangi Pendistribusian dan Pendayagunaan, M. Syamsir, beserta beberapa Amil Pelaksana lainnya.

Kepada Kades Kotawaringin, Subaryan H. Usnen, Wakil Ketua II Baznas Babel, M. Syamsir menyampaikan bahwa bantuan yang kami berikan ini berupa pakaian, tas sekolah, alat tulis, beserta peralatan beribadah.

 “Kami berharap bantuan ini bisa diberikan kepada yang benar-benar membutuhkan termasuk di Desa Kotawaringin ini. Karena sebelumnya Baznas Babel juga sudah menyalurkan ke berbagai wilayah lainnya yang juga terdampak  banjir,”ujar Syamsir.

Selesai dari Desa Kotawaringin, pada waktu yang hampir bersamaan pula, Tim Distribusi bantuan pasca banjir Baznas Babel juga mengunjungi Desa Kayubesi Kabupaten Bangka untuk memberikan bantuan kepada masyarakat yang terkena dampak banjir yang terjadi beberapa waktu yang lalu.

Korban banjir di Desa Kotawaringin yang terkena dampak sebanyak 98 Kepala Keluarga. Curah hujan yang tinggi membuat sungai di Kotawaringin meluap dan merendam pemukiman warga hingga kedalaman 2 meter. Bencana banjir ini telah mengakibatkan kerugian mencapai puluhan juta rupiah.

Kades Kayubesi, Rasyidi mengucapkan terimakasih kepada Baznas Babel atas kepeduliannya terhadap masyarakat di desanya yang menjadi korban bencana alam tersebut. Seperti yang disampaikan Rasyid, jumlah warga yang terkena dampak tersebut berjumlah sebanyak 184 kepala keluarga meliputi RT 01, RT 04 dan RT 05.

“Banjir yang melanda sebagian besar wilayah di Pulau Bangka termasuk di  Desa Kayu Besi ini telah mengakibatkan kerugian baik secara materil maupun non materil terutama juga trauma bagi anak-anak. Sehingga hal inilah yang harus segera dipulihkan,”sebut Rasyidi.