BAZNAS ingin UPZ dan Muzakki Makin Sadar

IMG_9618Zakat Pentingnya Atasi Kemiskinan

Pemahaman mendalam tentang zakat dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari sangat penting dimiliki umat Islam, khususnya Unit Pengumpul Zakat (UPZ) dan wajib zakat (muzakki) itu sendiri. Guna mewujudkan hal ini, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar Sosialisasi dan Pelatihan UPZ Baznas Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) di Hotel Jatiwisata Pangkalpinang, Selasa (30/12).

Ketua Baznas Babel, H. Sofyan Tsauri ditemui Babel Pos disela-sela kegiatan menjelaskan bahwa sosialisasi ini sudah yang kedua kalinya dilaksanakan oleh Baznas Babel dan diikuti 30 Unit Pengumpul Zakat (UPZ). Menurut Sofyan, kegiatan ini sangat penting guna meningkatkan pemahaman akan pentingnya peran Unit Pengumpul Zakat (UPZ) sebagai perpanjangan tangan Badan Amil Zakat Nasional untuk membantu tugas pemerintah dalam menuntaskan masalah kemiskinan khususnya di Babel.

“Saat ini semua kabupaten/kota se – Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebenarnya sudah membentuk UPZ. Hanya saja memang belum semua SKPD yang ada di wilayah Kabupaten/kota tersebut yang memiliki UPZ. Sedangkan untuk UPZ-UPZ yang sudah ada, kita melihat di tahun 2014 cukup menunjukkan kinerja yang baik, meskipun hasil pengumpulan dana zakatnya tetap masih belum mencapai hasil signifikan yang disebabkan oleh masih kurangnya kesadaran para PNS yang ada di wilayah UPZ tersebut untuk membayar zakat,” sebutnya.

“Kami juga akan terus berdoa mohon kepada Allah untuk bisa terus menuntun para pemimpin di negeri ini agar terbuka hati dan pikirannya untuk membuat program-program yang lebih produktif yang diperuntukan bagi kepentingan umat atau rakyat. Upaya ini akan kami lakukan sembari terus memaksimalkan pengadaan kegiatan-kegiatan sosialisasi sehingga pemahaman tentang zakat pun akan lebih dalam dipahami oleh UPZ maupun wajib zakat itu sendiri,” ujarnya. (lya, Babel Pos, 31 Des 2014)