BAZNAS Babel Lakukan Monitoring Pelaksanaan Program ZMart di Belitung

September 26, 2024
Aktifitas

Tanjungpandan – BAZNAS Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melakukan kunjungan ke titik penerima program ZMart BAZNAS tahun 2024 yang berada di Kabupaten Belitung, salah satunya ZMart miliki Yulianti yang beralamat di Jl. Hasan Sai desa Air Rayak Kec. Tanjungpandan Kab. Belitung.

Selain di desa Air Rayak, ZMart juga terdapat di desa Air Pelempang Raya, desa Air Merbau dan beberapa lokasi lainnya dengan jumlah sebanyak 25 titik ZMart di Kabupaten Belitung.

Riski salah satu penerima program ZMart mengatakan bahwa program ini sangat membantu dalam meningkatkan penghasilan disaat kondisi perekonomian di Bangka Belitung sedang melemah.

Ia juga berterimakasih kepada BAZNAS Republik Indonesia dan BAZNAS Provinsi Kep. Bangka Belitung yang telah membantu dan mendampingi selama proses pelaksanaan program ini, mulai dari asessment hingga sampai ke tahap saat ini.

Ia juga menceritakan kondisi perekonomian Kabupaten Belitung yang mata pencahariannya didominasi oleh perikanan (nelayan), pertambangan, dan perkebunan kini perlahan sudah mulai ditinggalkan warga. Suasana jual beli juga sedang lesu terlebih akibat banyaknya PHK dari perusahaan-perusahaan.

Program ZMart merupakan adalah program pemberdayaan ekonomi dalam bentuk pengembangan warung/toko yang dimiliki mustahik dengan skala mikro sampai kecil untuk mengatasi kemiskinan di wilayah urban. Tujuan dari pelaksanaan program ini adalah meningkatkan kapasitas warung sehingga dapat tumbuh dan berkembang di tengah pasar retail modern serta mengatasi kemiskinan.

Bagikan artikel ini

Open chat
Assalamualaikum
Assalamualaikum
apa yang bisa kami lakukan untuk anda?