Baznas Papar Soal Zakat di Kebun Sawit

Babelpos.co  PANGKALPINANG – Badan Amil Zakat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terus gencar melaksanakan kegiatan sosialisasi kewajiban dan manfaat zakat. Kali ini sosialisasi pun dilaksanakan di PT. Putra Bangka Mandiri (PBM) Cengkong Abang yang bergerak di bidang perkebunan dan pengolahan sawit, Jumat (23/2) kemarin.

Hadir dalam sosialisasi kali ini Ketua Baznas Babel H.Sofyan Tsauri, Wakil Ketua Bidang Pengumpulan Ali Amran, General Manager PT. Putra Bangka Mandiri H.Yuli beserta sejumlah jajaran dan stafnya.

Ketua Baznas Babel, Sofyan Tsauri pihaknya menjelaskan mengenai kewajiban muslim ketika penghasikan sudah mencapai nisab sehingga zakatnya wajib dikeluarkan di hadapan 118 karyawan PT.Putra Bangka Mandiri yang hadir.

“Peserta antusias bertanya dan ingin banyak tahu tentang zakat. Makanya kita jelaskan bahwa penghimpunan dana zakat dilaksanakan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku dan sekaligus dilaksanakan dalam rangka ikut membantu tugas pemerintah dalam mengentaskan angka kemiskinan. Artinya bahwa inilah membuktikan bahwa pengentasan kemiskinan memang merupakan tanggung jawab bersama,” kata Sofyan.

Dicontohkan Sofyan, ada yang bertanya apakah membayar zakat boleh dilakukan setelah dikurangi hutang. pertanyaan ini banyak yang mengalami. Akan tetapi, lanjut Sofyan, zakat tetap musti dibayar terlebih dahulu, baru setelah habis itu dipakai untuk keperluan hidup termasuk bayar hutang.

Sofyan juga berharap kegiatan sosialisasi dapat memberikan manfaat yang lebih baik untuk peningkatan dana zakat di Babel melalui kesadaran pentingnya zakat walaupun memang tidak semuanya akan membayar.

“Semoga kesadarannya pun semakin meningkat dan bisa ikut membantu percepatan pengentasan kemiskinan khususnya di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Serta kegiatan semacam ini bisa ikut memotivasi bagi perusahaan lainnya untuk sadar terhadap pentingnya zakat,” ujarnya.(lya)

Sumber : Babelpos.co