Gubernur Launching Perdana Zakat Maal

PANGKALPINANG – Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, H.Rustam Effendi,Rabu(8/06) sore kemarin melaksanakan acara launching perdana zakat maal sekaligus acara buka puasa bersama sejumlah anak yatim piatu di Kota Pangkalpinang.

Pelaunchingan zakat maal oleh gubernur Babel Rustam Effendi ini diserahkan langsung kepada Badan Amil Zakat Provinsi Bangka Belitung. Kegiatan ini berlangsung di Rumah Dinas Gubernur Babel Kompleks Perkantoran Gubernur Air Itam Pangkalpinang ini dan ikut disaksikan juga  oleh sejumlah pejabat eksekutif maupun legeslatif lainnya di lingkungan pemerintah provinsi Babel.
Terkait kegiatan yang dilaksanakannya, Gubernur Babel H.Rustam Effendi kepada BabelPos disela-sela kegiatan kemarin mengatakan bahwa apa yang dilaksanakannya adalah merupakan realisasi dari kewajibannya sebagai seorang umat muslim dalam hal menunaikan zakat. Disamping itu ia juga mengaku ingin apa yang dilakukannya bisa ikut memberikan motivasi kepada seluruh jajarannya yang lainnya agar semakin sadar akan kewajibannya berzakat. Karena di dalam harta yang diperoleh juga terdapat hak-hak orang miskin yang harus di tunaikan.

“Semoga ini juga bisa menjadi motivasi bagi seluruh umat muslim yang ada di SKPD-SKPD agar melaksanakan kewajibannya berzakat. Apalagi kita juga sudah mengeluarkan surat edaran untuk membayar zakat melalui Badan Amil Zakat Nasional Provinsi Bangka Belitung. Makanya hari ini saya awali dengan dari diri saya sendiri membayar zakat dan infaq,“ujarnya.

Rustam menambahkan ingin jejak yang ia lakukan juga bisa di ikuti jajarannya yang lainnya. Karena ini adalah kewajiban yang diharuskan oleh agama bagi seorang muslim yang telah memiliki kelebihan harta untuk menunaikan zakatnya. Sehingga harta tersebut juga dibersihkan dan InsyAllah akan menjadi lebih berkah.

Dan dari zakat yang disalurkan tersebut juga akan bermanfaat sekali membantu para kaum dhuafa di Bangka Belitung yang hingga saat ini jumlahnya masih mencapai ribuan orang.

“Sekali saya berharap kepada seluruh jajaran SKPD yang ada di Bangka Belitung untuk melaksanakan kewajiban berzakat. Karena ini bukan paksaan tetapi justeru memang sudah diperintahkan dalam agama Islam untuk setiap muslim yang memiliki kelebihan harta agar menunaikan kewajibannya membayar zakat minimal 2,5 persen dari harta yang dimilikinya,“ajak Rustam.

Sementara itu, Ketua Baznas Babel H.Sofyan Tsauri juga berharap dengan contoh yang telah dilakukan oleh gubernur Babel Rustam Effendi, maka sudah seharusnya jajaran di bawah bisa mengikuti apa yang dilakukan sang imamnya tersebut.

“InsyAllah kalau sudah dimulai seperti ini, maka kita akan melihat bahwa sektor penghimpunan zakat di Bangka Belitung akan bisa lebih meningkat. Karena kalau penghimpunan zakatnya terus meningkat, maka pastinya juga akan memberikan manfaat berupa santunan kepada para mustahik akan lebih besar. Dan ini adalah langkah pengentasan kemiskinan menuju kesejahteraan hidup masyarakat yang lebih baik,“harap Sofyan yang juga di dampingi sejumlah unsur pimpinan Baznas Babel lainnya yakni  Syamsul Komar, Arif Maggu, Ali Amran, M.Syamsir beserta staf.(lya).

×

Assalamualaikum,

Tinggalkan pesan anda.

× Assalamualaikum