BAZNAS Babel Kembali Membina Pelajar dan Mahasiswa

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung kembali menyelenggarakan kegiatan pembinaan Mustahiq Fisabillah yang kali ini mengangkat tema “Jadilah Pelajar Yang Tekun Dan Amanah”. Dalam sambutannya Ketua Baznas Babel Sofyan Tsauri didampingi dengan empat wakil ketuanya, Ali Amran, M.Syamsir, Syamsul Komar, Arif Maggu menyampaikan bahwa tantangan zaman sekarang ini semakin berat saja. Dimana untuk keperluan membiayai sekolah anak pun tidak semua orang tua bisa memenuhinya. Oleh karna itu Baznas Babel pun bergerak untuk membantu meringankan beban biaya pendidikan tersebut. “karena itu kita berharap agar bantuan ini bisa di manfaaatkan dengan sebaik-baiknya. Jangan sampai ada anggapan bahwa biaya sekolah gratis sehingga malas-malasan dan tidak mau belajar. Karena ada beberapa siswa yang sebelumnya kita bantu tapi ternyata setelah kita nilai, bantuan tersebut justru sebaliknya tidak dimanfaatkan sebagai mestinya. Padahal kalau dana zakat yang merupakan amanah orang yang memberi ini apabila digunakan dengan baik maka akan berkah dan belajar pun akan semakin bersemangat,“tambahnya sembari menambahkan bahwa dalam penyerahan santunan dan pembinaan ini diserahkan kepada 70 pelajar dan mahasiswa di Pangkalpinang dan sekitarnya.

Sementara Kepala Kantor wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Andi. M. Darlis yang juga berkesempatan hadir dalam kegiataan ini menyatakan menyambut baik dengan dilaksanakannya kegiatan penyantunan dan pembinaan fisabillah khususnya pelajar dan mahasiswa di Pangkalpinang dan sekitarnya.  “cita-cita itu memang tidak mudah untuk diraih, akan tetapi kita harus terus berusaha untuk mencapainya dan salah satu caranya adalah melalui pendidikan.  Tapi yakinlah bahwa begitu banyak contoh yang bisa kita tiru dari orang-orang yang berhasil meskipun berasal dari ekonomi yang pas-pasan.

Dari sejumlah perguruan tinggi di Indonesia yang telah melakukan penelitian terhadap potensi zakat di Indonesia berpendapat bahwa jika kesadaraan masyarakat membayar zakat tinggi  maka sudah bisa di pastikan dalam satu tahun dana zakat yang terkumpul mampu mencapai 20 triliun rupiah. “Harapan kita pula untuk di Bangka Belitung kalau saja dari 1,2 juta kaum muslimin ini 30 persenya adalah orang kaya yang sadar akan zakat dan memenuhi kewajibannya yakni paling tidak mereka membayar sekitar 400 ribu/bulan, maka kita yakin target 10 miliyar pertahun itu bisa kita capai.”tutur Andi. Andi pun kembali mendorong para pelajar dan mahasiswa yang masih menjadi mustahiq Baznas Babel ini agar bisa memanfaatkan dana santunan yang diberikan ini untuk terus berprestasi sembari mengabdi kepada Allah SWT melalui ketaatan dalam beribadah dan berbakti kepada orangtua.